Bagaimana Agar Tetap Terkoneksi Internet Selama Traveling di Luar Negeri

2

Koneksi internet seperti sudah menjadi kebutuhan primer bagi para traveler saat ini. Apa rasanya sudah jalan-jalan ke destinasi yang asyik-asyik tapi tak bisa update status atau sharing keseruan lewat sosial media?

Sebenarnya koneksi internet bukan saja untuk sekadar bersosial media. Ada banyak hal yang sangat terbantu dengan adanya koneksi internet. Ada google maps yang bisa menunjukkan jalan jika Anda bingung arah tujuan. Kita bisa browsing untuk cari tahu apa saja yang menarik di suatu destinasi dan beragam informasi penting lainnya supaya kita lebih efesien menggunakan waktu dan biaya selama traveling.

Saya punya pengalaman unik ketika traveling ke Russia. Kebetulan saya menggunakan jasa AirBNB untuk menyewa apartement untuk menginap selama kami jalan-jalan di Kota Saint Petersburg. Saat membuat janji ketemu dengan pemilik apartement via email berjalan baik. Kita janjian ketemu di depan apartment pukul 10 pagi. Benar saja, saat kami tiba sudah ada sepasang suami-istri sudah menanti kami. Dengan bahasa Inggris yang nyaris tak kami fahami, mereka mempersilahkan kami untuk masuk ke apartementnya yang lumayan luas dan nyaman.

Mulanya kami khawatir akan terjadi kendala komunikasi yang lebih parah ketika mereka mulai menjelaskan situasi dan fasilitas di apartementnya. Ternyata mudah saja, ia mengeluarkan smartphonenya dan langsung cuap-cuap dalam bahasa Russia di microphone menggunakan aplikasi google translate lalu memperdengarkannya kepada kami suara mesin penerjemah itu dalam bahasa Inggris. Sejak itu saya tak segan-segan menggunakan cara yang sama setiap kali ada kendala bahasa. Ini juga perlu koneksi internet. 

Bahkan untuk mentranslate nama-nama stasiun kereta bawah tanah yang berbahasa Rusia, saya juga menggunakan aplikasi scaning Google translate yang secara otomatis mengubahnya menjadi teks versi Inggris di tampilan smartphone. Ini benar-benar sungguh membantu.

Lantas bagaimana tipsnya agar kita bisa tetap terkoneksi dengan internet selama jalan-jalan di luar negeri. Ada beberapa cara.

  1. Aktifkan paket roaming data dari provider seluler kita.

Tapi ini pilihan yang paling mahal sepertinya. Saya tidak merekomendasikan, apalagi jika Anda sedang traveling keliling beberapa negara di Eropa atau Amerika.

  1. Menyewa modem wifi di sana.

Biasanya kita memesannya secara online, dan mengambil modemnya saat tiba di negara tujuan. Setelah kita selesai menggunakan kita mesti mengirimkan kembali via post atau mengantarkan langsung ke kantor perwakilan mereka di negara terakhir yang kita kunjungi. Ini harganya masih cukup masuk akal jika digunakan secara sharing dengan grup traveling kita.

  1. Beli local SIM Card

Jika kita berkunjung hanya di satu kota dalam satu negara, mungkin beli simcard local mungkin bisa jadi pilihan. Kemudian beli paket datanya. Tapi perlu dihitung juga kalau misalnya setiap orang perlu ganti simcard local apakah total biayanya tidak lebih mahal daripada menyewa wifi buat rame-rame.

  1. Menyewa modem wifi di sini.

Ada beberapa provider penyewaan wifi di sini. Anda tinggal pesan online, nanti kurir akan mengantarkan ke tempat Anda sehari sebelum Anda berangkat dan mengambilnya kembali sehari setelah Anda tiba kembali ke tanah air. Harganya relatif masuk akal, apalagi jika dishare dengan anggota grup traveling.

Anda bisa menghubungi wi2fly.com atau passpod.id. Keuntungannya jika Anda menyewa wifi di dalam negeri, setidaknya Anda sudah cukup pede dengan modem yang sudah dalam genggaman sebelum Anda berangkat melancong.

Anda akan memperoleh modem/rooter wifi, kabel usb, dan colokan converter untuk power. Ada juga bisa menyewa power bank tambahan untuk memastikan modem tidak kehabisan batterai selama Anda di jalan. (dkw)

 

Social Share