Sawahlunto International Music Festival (SIMFes) 2017

Indonesia, Sawah Lunto

2

Sawahlunto International Music Festival (SIMFes) merupakan acara tahunan dalam rangka peringatan ulang tahun Kota Sawahlunto yang telah dilaksanakan sejak tahun 2010. SIMFes merupakan festival musik etnik dan kontemporer yang menampilkan musisi lokal dan internasional dari berbagai negara. Bertujuan menjadi sebuah wadah komunikasi dan kolaborasi antarbudaya.

Beberapa musisi lokal dan internasional bakal meramaikan SIMFes yang bertema "Urban, Folk and Traditional".  

Musik Folk identik dengan sebuah ciri khas  nyanyian rakyat, mewakili sebuah gambaran dari bentuk masyarakat lokal yang menjadi ciri khas Kota Sawahlunto dengan buruh tambangnya.

Musisi lokal yang bakal tampil di SIMFes adalah Stars and Rabbit. Elda Suryani dan Aldi Widodo akan membawakan lagu-lagunya yang kental dengan nuansa lagu-lagu folk. 

Selain itu Endah 'N Rhesa duo yang populer dengan warna musik mereka yang beragam; folks, balads, jazz, blues, dan rock n roll tak ketinggalan bakal menjadi sajian yang tak hendak Anda lewatkan. 

Beberapa musisi internasional yang bakal tampil di antaranya: Sandrayati Fay musisi folk dari Estonia, Daood 'Debu' yang kental dengan musik bernuansa arab, dan Angela Lopez yang bergaya Flamenco.

Moment penyelenggaraan SIMFes tahun ini cukup istimewa karena bertepatan dengan saat bulan purnama. Panggung musik yang digelar bakal kian anggun dengan latar benderang bulan purnama. 

Multi Ethnic cultural Music

Menampilkan berbagai penampilan musik lintas budaya  yang mewakili masing-masing keberagaman komunitas etnis yang ada di Kota Sawahlunto,dengan tujuan menperkenalkan Kota Sawahlunto sebagai salah satu kota yang  mempunyai toleransi multietnis dengan potensi musik lintas budaya yang tumbuh berdampingan di Kota Sawahluto.

Gelaran ini akan dimeriahkan dengan penampilan musisi kontemporer, rabab, saluang, talempong, seniman Wayang Sawahlunto, seniman barongsai, seniman Batak, dan Tari Kecak Bali. Sungguh sebuah pagelaran multietnis dan lintas budaya yang sangat Indonesia.

 

 

 

Social Share