Sinergi Travel Agent dan Media, Salah Satu Kunci Peningkatan Wisatawan Bangka Belitung

Indonesia, Bangka Belitung

2

Kerjasama yang baik di segala lini adalah jaminan suksesnya pengembangan pariwisata terutama di Bangka Belitung. Berbagai pihak terutama media dan travel agent, harus saling bersinergi dan berpartisipasi untuk dapat mempromosikannya. 


Karena itu, untuk lebih meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengundang travel agent dan media dalam acara Exploring Bangka Belitung dari 27 Juli-1 Agustus 2019. 


Hal itu diungkapkan Fadjri Djagahitam, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam pembukaan Exploring Bangka Belitung di Tan Kasteel Restauran & Lounge, Pangkal Pinang, (27/7/2019).

"Pada kegiatan ini, para travel agent dan media akan mengunjungi Batu Belimbing, Museum Timah, Bangka Botanical Garden (BBG), Danau Kaulin, Pantai Kapur, Hutan Pelawan, Kain Cual, dan masih banyak lainnya,” ujar Fadjri. 

Selain kegiatan ini, tiga acara lain masuk dalam Calender of Event (COE), yakni Toboali City On Fire, Culture Wave Tongaci, dan Festival Tanjung Kelayang. Dengan masuknya event ke dalam COE Kementerian Pariwisata, artinya dari sisi dukungan anggaran dan promosi akan lebih efektif. 


Bangka Belitung juga memiliki tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK); Tanjung Kalayang, Sungailiat, dan Tanjung Gunung. Tapi dari tiga KEK baru Tanjung Kelayang yang sudah ditetapkan menjadi KEK melalui peraturan pemeritah (PP) no. 6/2016, sedangkan dua KEK Sungailiat dan Tanjung Gunung masih dalam proses.  


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Bangka Belitung, jumlah wisatawan menginap selama tiga tahun dari 2016-2018 selalu mengalami kenaikan. Jumlah wisatawan pada November 2016 sebanyak 25.903 orang, November 2017 sebanyak 32.504 wisatawan, dan November 2018 mencapai 38.098 wisatawan. (zlm)

Social Share