Pantai Tanjung Kalian, Saksi Bisu Peristiwa Pilu

Indonesia, Bangka Belitung

2

Menyebut kata pantai di Bangka-Belitung rasanya tak pernah ada matinya. Kepulauan yang kini sudah menjadi provinsi sendiri ini memang dikenal dengan destinasi pantainya yang memikat, salah satunya Pantai Tanjung Kalian.

Pantai ini sangat mudah dijangkau, hanya berjarak sekitar 7 km atau kurang lebih 15 menit dari pusat kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Bagi traveller dari arah Kota Palembang yang sedang berkunjung ke Bangka-Belitung dengan menggunakan kapal ferry wajib hukumnya untuk singgah, karena Pantai Tanjung Kalian lokasinya bersebelahan dengan Dermaga Penyeberangan Muntok atau Pelabuhan Tanjung Kalian.

Pantai Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat

Menurut sejarah terdapat cerita pilu yang terjadi di Tanjung Kalian, yakni pada saat masa perang dunia ke-2, ketika bala tentara jepang menguasi Indonesia tahun 1942-1945. Dikisahkan pada awal masa pendudukan Jepang, pada bulan Februari 1942, Kapal “SS Vyner Brooke” yang sedang berlabuh dari Singapura dengan membawa serdadu yang terluka serta puluhan perawat dari Australia, berhasil ditenggelamkan oleh Armada Kekaisaran Jepang. 

Banyak diantara penumpang kapal tersebut yang meninggal, dan hanya 22 orang yang berhasil selamat dengan menggunakan sekoci dan menepi ke Pantai Tanjung Kalian. Setibanya dipantai mereka menyerahkan diri ke bala tentara jepang yang sudah menunggu. Namun nahas, mereka semua kemudian dibunuh. Dalam tragedi pembunuhan massal tersebut hanya menyisakan 1 orang perawat yang selamat. Perawat tersebut berhasil selamat dengan cara berpura-pura mati ketika ditembaki oleh tentara Jepang. Pada akhirnya beliau menjadi saksi kunci dari peristiwa berdarah itu atau yang dikenal dengan “Banka Massacre”

Untuk mengenang dan menghormati peristiwa Banka Massacre, pemerintah Australia melalui kedutaan besarnya di Indonesia membangun tugu Memorial di Pantai Tanjung Kalian, tepatnya di antara pinggir pantai depan menara mercusuar Tanjung Kalian. Traveller juga bisa menyaksikan bukti sejarah lain di Pantai Tanjung Kalian, yaitu bangkai kapal Vyner Brooke yang kini berada di sekitaran pesisir pantai. (@febriamar)

Pantai Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat

Pantai Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat

Social Share