Muntok, Saat Lidah Menyerah di Kota 1000 Kue

Indonesia, Bangka Belitung

2

Muntok merupakan kota kecil yang menjadi ibukota dari kabupaten Bangka Barat. Kota ini banyak dikenal oleh wisatawan karena peninggalan sejarahnya. Salah satunya yaitu kota Muntok menjadi kota pengasingan Presiden RI pertama dan wakilnya, Ir Soerkarno dan Bung Hatta serta tokoh-tokoh perjuangan lainnya.

Selain kental akan peninggalan sejarahnya, Kota Muntok juga menasbihkan diri menjadi “Kota 1000 Kue”. Hal ini dikarenakan masyarakat di kota Muntok sangat gemar dalam membuat kue. Status kota Muntok sebagai kota 1000 Kue diperkuat dengan capaian, Kota Muntok pada tahun 2010 telah berhasil memecahkan rekor MURI sebagai kota dengan jumlah varian kue terbanyak di Indonesia yang bertahan hingga saat ini. 

Untuk traveler yang sedang berkunjung ke Kota Muntok dan ingin menguji rasa atau sekedar icip-icip berbagai varian kue tersebut, bisa datang di salah satu kios penjual kue, yang berlokasi di depan Masjid Jami Muntok. 

Kios tersebut buka dari jam 05.00 - 13.00, dikarenan varian kuenya banyak terdiri dari aneka jenis kue basah, dibuat masih secara tradisional dan tanpa bahan pengawet jadi tidak bisa bertahan lama. Harga kue sangat bervariasi rata-rata berkisar antara 1000 - 2000 rupiah. Dengan harga yang relatif murah dan rasa yang nikmat traveller bisa menikmati dengan sesuka hati sesuai dengan selera dan kekuatan lidah dalam mengecap rasa tanpa memikirkan kantong kering.

Dari sekian banyak jenis kue yang disajikan, yang menjadi primadona para pencicip rasa yaitu “Kue Pelita”. Kue ini terbuat dari tepung beras yang di campur dengan gula serta bahan-bahan lainya. Kalau dilihat sekilas teksturnya mirip dengan bubur sunsum, tetapi dengan rasa dan aroma yang lebih wangi, hal ini dikarenakan kue pelita disajikan diatas daun pandan. Kue ini menjadi banyak digemari karena pada jaman dahulu ketika Presiden Soekarno diasingkan ke kota Muntok, kue pelita ini menjadi kudapan favorit beliau.

Tak hanya kue pelita saja, masih banyak jenis kue lainnya yang layak untuk dinikmati di Muntok. Diantaranya yaitu ada kue bingke, kue jongkong, kue iyet-iyet, kue bongkol, kue berut, dan lain sebagainya. Selamat menikmati! (@febriamar)

Social Share